Diriku

Diriku
hanya sebatas manusia biasa

Senin, 31 Januari 2011

Senjata Kuno Berusia 100 Tahun Ditemukan

PALU, KOMPAS.com - Warga Desa Kalubula, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menemukan enam pucuk senjata kuno yang diperkirakan peninggalan Belanda di belakang rumahnya ketika sedang menggali tanah untuk menanam tomat.
"Saat ini, kami masih memeriksa lokasi penemuan senjata, karena kemungkinan masih ada senjata lainnya," kata Kapolsek Biromaru, AKP Abdul Aziz di Sigi, Minggu (30/1/2011).
Senjata kuno itu ditemukan Lasaidah di kedalaman tanah kurang dari satu meter tanpa disertai amunisi dan sudah dilaporkan penemunya Lasaidah kepada kepolisian terdekat untuk diamankan.
Semua senjata api yang berjenis laras panjang dan berupa pelontar granat itu sudah berkarat. Senjata itu diperkirakan berumur mencapai 100 tahun.
AKP Abdul Aziz mengaku akan segera melaporkan penemuan senjata itu kepada atasannya, Kapolres Donggala, namun pihaknya akan menunggu langkah selanjutnya.
Kemungkinan besar senjata itu akan diserahkan ke Museum Sulawesi Tengah sebagai koleksi sejarah setelah sebelumnya dibersihkan.
Wilayah Sigi dan daerah lainnya di Sulawesi Tengah pernah dijajah Belanda. Bukti penjajahan itu berupa masih adanya bangunan rumah arsitektur Belanda.
Abdul Aziz mengimbau kepada warganya untuk segera melaporkankan kepada polisi jika menemukan senjata lainnya.
Penemuan senjata kuno itu adalah yang pertama di Kabupaten Sigi. "Jika menemukan senjata atau peluru segera dilaporkan, siapa tahu senjata itu masih aktif," katanya.

Tidak ada komentar: